NSA - Kampas ganda vs kampas rem memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi fungsi maupun letak.


Motor matic memiliki sistem kerja yang berbeda dengan motor manual, termasuk dalam hal komponen yang berperan penting dalam performa dan keselamatan berkendara.


Dua komponen yang sering dianggap serupa ini, padahal memiliki fungsi dan cara kerja yang sangat berbeda.


Di bawah ini akan dijelaskan sejumlah perbedaan dari kedua komponen tersebut.


Perbedaan Kampas Ganda vs Kampas Rem: Dari Segi Fungsi, Letak, Cara Kerja dan Dampak Kerusakan


Perbedaan secara fungsi:


  1. Kampas Ganda


Kampas ganda merupakan bagian dari sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).


Fungsinya adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.


Komponen ini bekerja secara otomatis berdasarkan putaran mesin.


Saat RPM meningkat, kampas ganda akan mengembang dan menekan mangkuk kopling untuk menggerakkan roda.


BACA JUGA: Tips Mencegah Rem Blong saat Perjalanan Jauh, Perhatikan Hal-hal Ini


  1. Kampas Rem


Kampas rem berada dalam sistem pengereman. Komponen ini berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.


Saat tuas rem ditekan, kampas rem menciptakan gesekan pada piringan cakram atau tromol agar roda berhenti berputar.


Kampas rem harus mampu menahan panas dan tekanan tinggi dalam waktu singkat.


Perbedaan secara letak:


  1. Kampas ganda terletak di dalam rumah CVT, tersembunyi dan hanya terlihat saat cover CVT dibuka.


  1. Kampas rem berada di roda depan atau belakang, tergantung jenis sistem pengereman (cakram atau tromol).


Perbedaan Secara Cara Kerja:


  1. Kampas ganda bekerja secara otomatis, menyesuaikan putaran mesin dan aktif saat kendaraan mulai berjalan.


  1. Kampas rem bekerja saat tuas rem ditekan dan menghasilkan gesekan untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan.


Perbedaan secara dampak kerusakan:


  1. Kampas ganda yang aus dapat menyebabkan akselerasi tidak maksimal, slip, atau motor terasa berat saat melaju.


  1. Kampas rem yang aus dapat menurunkan efektivitas pengereman dan berisiko menyebabkan kecelakaan.


Perawatan dan Penggantian Kampas Ganda dan Kampas Rem


Pemeriksaan rutin terhadap kondisi kampas ganda dan kampas rem sangat disarankan untuk menjaga performa motor matic.


Komponen yang sudah aus sebaiknya segera diganti dengan produk yang berkualitas agar sistem transmisi dan pengereman tetap optimal.


Untuk keperluan peningkatan performa dan tampilan motor matic, pilihan aksesori dan suku cadang dari NSA Performance dapat menjadi solusi yang tepat berkat kualitas dan desain yang sesuai kebutuhan pengguna motor matic masa kini.


Pada sistem pengereman, NSA Performance memiliki master rem yang berfungsi mengatur tekanan hidrolik untuk pengereman lebih responsif, serta bracket selang rem yang menjaga posisi selang tetap stabil dan aman dari gesekan.


Bracket Selang Rem


BACA JUGA: 5 Tanda Rem Motor Harus Diganti, Jangan Diabaikan!


Kampas ganda vs kampas rem memiliki peran berbeda dalam sistem motor matic.


Kampas ganda bekerja pada transmisi untuk menyalurkan tenaga, sementara kampas rem berfungsi dalam sistem pengereman.


Memahami perbedaan keduanya dapat membantu dalam perawatan rutin dan penggantian komponen yang tepat guna menjaga kinerja motor tetap optimal.


Demikian informasi mengenai perbedaan kampas ganda dan kampas rem pada motor matic.****